Cari Blog Ini

Pertanian Agribisnis

Rabu, 20 Agustus 2014

AGRIBISNIS MEMBANGUN PERTANIAN DAN EKONOMI

Selama ini logika pembangunan pertanian di Indonesia merupakan bagian dari pembangunan ekonomi nasional. Dimana pertumbuhan ekonomi nasional yang menjadi orientasi utama. Konsekuensinya, variabel kelembagaan
masyarakat yang bersifat struktural di pedesaan kurang diperhatikan dalam menentukan kebijakan ekonomi pertanian. Padahal kelembagaan yang ada di pedesaan sangat menentukan keberhasilan suatu pembangunan pertanian dan menumbuhkan perekonomian daerah.
Sektor pertanian mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Peranan tersebut antara lain, meningkatkan devisa negara, penyediaan lapangan kerja, meningkatkan daya saing, sebagai pemenuhan kebutuhan dalam negeri, sebagai bahan baku industri dalam negeri serta pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya kontribusi sektor pertanian di saat Indonesia mengalami krisis ekonomi pada tahun 1997-1998. Satu-satunya sektor yang menjadi penyelamat saat itu adalah sektor pertanian.
Pertanian merupakan bidang yang sangat penting di negeri ini. Keberadaan pertanian sangat membantu meningkatkan perekonomian daerah bahkan negara. Hampir rata-rata penduduk Indonesia mengkonsumsi beras sebagai pemenuhan karbohidrat dan sebagai bahan makanan pokok. Tentu saja ini semua didapat dari hasil pertanian. Tidak hanya itu, bahan makanan lain seperti sayuran dan buah-buahan adalah hasil dari pertanian juga. Boleh dikatakan kita sangat bergantung dengan pertanian. Sehingga pertanian menjadi bidang yang sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh.
Sumber : Klikdisini

0 komentar:

Posting Komentar